Bingung dengan Statistik, Mau Konsultasi Silahkan ^_^

Name:
Email Address:
Phone:
Tau Website ini darimana:
Account FB:

This form powered by Freedback

Rabu, 05 Januari 2011

HUBUNGAN ANTARA PANJANG TUNGKAI, KEKUATAN OTOT TUNGKAI, DAN DAYA TAHAN OTOT PERUT TERHADAP KEMAMPUAN MENENDANG BOLA LAMBUNG PADA PERMAINAN SEPAK BOLA


A. Subyek Penelitian
1. Populasi
Populasi teoritis dalam penelitian ini adalah siswa Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Sepakbola di Indonesia, sementara populasi terjangkaunya adalah siswa Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Sepakbola Jawa Tengah di Sanggar Kegiatan Belajar Salatiga.
2. Sampel dan Teknik Penarikan Sampel
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Sepakbola Jawa Tengah di Sanggar Kegiatan Belajar Salatiga sebanyak 25 siswa yang ditarik dari populasi terjangkau. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling, yaitu seluruh anggota populasi terjangkau dijadikan sebagai anggota sampel penelitian.
B. Rancangan Penelitian
1. Metode Penelitian
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif karena data yang dikumpulkan berbentuk bilangan atau angka-angka. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian ini maka, metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif korelasional, karena disitu akan diperoleh diskripsi yang bersifat hubungan, yaitu antara panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, dan daya tahan otot perut dengan kemampuan menendang bola lambung. Sementara variabel yang terlibat dalam penelitian ini meliputi :

a. Tiga variabel bebas (X) yang terdiri dari : 1) panjang tungkai (X1), 2) kekuatan otot tungkai (X2), 3) daya tahan otot perut (X3).
b. Satu variabel terikat (Y) yaitu kemampuan menendang bola.
2. Desain Penelitian
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional atau correlation design).


Gambar 8 Desain Penelitian
Sumber : Sugiarto. 1992. Tahap Awal + Aplikasi Analisis Regresi. Yogyakarta : Andi Offset, (hal. 90).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar